Contoh isi
laporan
KATA PENGANTAR
Kami panjatkan puji syukur
kehadhirat Allah SWT. karena dengan limpahan rahmatnya kami dapat menyelesaikan
laporan hasil observasi kependidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ma’unah
desa Kepuh kecamatan Palimanan kabupaten Cirebon.
Laporan hasil observasi kependidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ma’unah
desa Kepuh kecamatan Palimanan kabupaten Cirebon merupakan salah satu kewajiban
yang harus dipenuhi dalam untuk pelengkap pada mata kuliah PPL-1/Microteaching di Perguruan Tinggi Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Seiring dengan semakin menurunnya
kualitas pendidikan dan pembelajaran di negeri kita yang tercinta dewasa ini, pengetahuan kita tentang berbagai
macam kegiatan proses pembelajaran dan pendidikan
dan yang terkait dengannya pada umumnya akan berdampak penting bagi
kehidupan masyarakat. Pemahaman tentang hal ini dapat diperoleh dari berbagai
cara, seperti lewat pembelajaran langsung di sekolah-sekolah, baik sekolah umum
maupun sekolah-sekolah yang berbasis agama, serta pondok pesantren maupun lewat
membaca buku yang isinya khusus membahas tentang judul pada makalah ini dan
cara menyelesaikannya.
Maka sangatlah penting bagi
mahasiswa yang berminat pada bidang pendidikan dan
pembelajaran dan kajian-kajiannya atau berniat mengikuti kontes atau membahas
yang terkait dengan kegiatan pembelajaran di kelas, lebih-lebih yang berbasis standar
internasional atau global. Sebab untuk memahami tentang materi tersebut kita
terlebih dahulu perlu mengerti bahasa pengantarnya, dimana tentunya hal ini
tidaklah mudah karena bahasa dalam dunia pendidikan sedikit sulit di pahami
dari pada bahasa yang di gunakan dalam komunikasi sehari-hari.
Untuk meningkatkan pengetahuan di
pendidikan dan pengajaran dan kajiannya maka penyusun kali ini menyusun sebuah
laporan hasil observasi kependidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ma’unah desa Kepuh kecamatan
Palimanan kabupaten Cirebon ini yang berisi pengetahuan tentang bagi para
mahasiswa sebagai calon pendidik.
Berdasarkan apa yang sudah di
sampaikan diatas kami menghadirkan sebuah hasil laporan observasi kependidikan
yang di harapkan berbeda dari yang lainnya karena dalam laporan ini ini kami
mengupas masalah tentang salah satu kegiatan pembelajaran di salah satu lembaga
pendidkan di kabupaten Cirebon.
Dengan segala kerendahan hati
izinkan penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.
Bapak Drs. Nurwahdan., M. Pd. selaku dosen Pembimbing pada program
kegiatan observasi kependidikan di di Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Al-Ma’unah desa Kepuh kecamatan Palimanan kabupaten Cirebon;
2.
Bapak Budi Harnanto, S. Pd. I. selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah
Al-Ma’unah Kepuh yang telah memberikan izin dalam melaksanakan kegiatan tahunan
di perguruan tinggi;
3.
Para dewan guru MTs Al-Ma’unah Kepuh yang telah
membantu dalam melancarkan kegiatan observasi kegiatan;
4.
Para Mahasiswa yang telah bersedia menjadi responden kami sehingga
karya tulis ini dapat terselesaikan;
5.
Semua pihak yang telah membantu penyusunan karya tulis ini yang
tidak dapat kami sebutkan satu persatu;
Terakhir, kami berharap semoga laporan
observasi ini dapat di terima dan memberikan manfaat yang besar serta nuansa
yang baru bagi semua pihak yang berkecimpung di dalam hal kependidikan
khususnya para mahasiswa. Kami sadar bahwa laporan ini belumlah sempurna
dan masih mengandung banyak kekurangan yang perlu medapatkan kritik dari para
pembaca, sehingga kami terbuka untuk menerima segala saran demi pembuatan laporan
selanjutnya.
Wassalamu’alaikum. Wr.wb
Cirebon, 07 Okober 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB. I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan
D. Sistematika Penulisan
BAB. II. PEMBAHASAN
A. Surat Keterangan Observasi
B. Surat tugas
C. Program Kerja Tahunan
D. Program Latihan Mingguan
E. Proses Pembelajaran Di Kelas
F.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
G. Silabus
H. Program Kerja Perpustakaan
I.
Program Kerja OSIS
J.
Program Kerja Laboratorium IPA
K. Program Kerja Kegiatan Ekstrakulikuler Drum
Band
L. Program Kerja Wakil Kepala Madrasah Urusan
Kurikulum
BAB. III. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran & Kritik
Lampiran
A. Kalender Pendidikan
B. Sejarah Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’unah Kepuh
BAB. I.
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Manusia membutuhkan pendidikan dalam
kehidupannya. Pendidikan merupakan usaha sadar agar manusia dapat mengembangkan
potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan cara-cara lainnya yang dikenal
dan diakui oleh masyarakat. Dalam undang-undang Republik Indonesia dinyatakan
bahwa setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan. Selain itu juga,
pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu system pendidikan nasional
yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa.
Lembaga pendidikan di negeri kita sangatlah
banyak, mulai dari pendidikan usia dini hingga Perguruan Tinggi. Salah satunya
adalah Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’unah Kepuh Kabupaten Cirebon.
Pendidikan pada dasarnya adalah suatu
proses komunikasi yang melibatkan guru sebagai sumber pembinaan akhlak.
Kami para mahasiswa sebagai observer yang
pada kahirnya akan menjadi seorang pendidik, diberikan kesempatan untuk melihat
langsung proses pembelajaran di kelas pada Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’unah Kepuh
Kabupaten Cirebon.
B. Rumusan
Masalah
Pada laporan observasi ini kami akan
merumuskan beberapa masalah sebagai berikut :
1)
Bagaimana Program Kerja Tahunan ?
2)
Bagaimana
Program Latihan Mingguan ?
3)
Bagaimana Proses Pembelajaran Di Kelas ?
4)
Bagaimana penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) ?
5)
Bagaimana Silabus yang disusun dan dibentuk ?
6)
Bagaimana Program Kerja Perpustakaan ?
7)
Bagaimana Program Kerja OSIS ?
8)
Bagaimana Program Kerja Laboratorium IPA ?
9)
Bagaimana Program Kerja Kegiatan Ekstrakulikuler Drum
Band ?
10) Bagaimana Program Kerja Wakil Kepala
Madrasah Urusan Kurikulum ?
C. Tujuan
Penulisan
Observasi ini bertujuan untuk :
1)
Mengetahui Program Kerja Tahunan
2)
Mengetahui Program Latihan Mingguan
3)
Mengetahui Proses Pembelajaran Di Kelas
4)
Mengetahui cara
merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
5)
Mengetahui cara penyusunan Silabus
6)
Mengetahui Program Kerja Perpustakaan
7)
Mengetahui Program Kerja OSIS
8)
Mengetahui Program Kerja Laboratorium IPA
9)
Mengetahui Program Kerja Kegiatan Ekstrakulikuler Drum
Band
10) Mengetahui Program Kerja Wakil Kepala
Madrasah Urusan Kurikulum
D. Sistematika
Penulisan
Dalam penyusunan laporan observasi
kependidikan ini, kami menyusunnya sesuai dengan aturan yang diarahkan oleh
dosen pembimbing, yakni mengumpulkan dan mengurutkan data yang telah diperoleh
dari hasil observasi di MTs Al-Ma’unah Kepuh Kabupaten Cirebon.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar